Wajib Tahu, 5 Penyebab Gampang Sakit Saat Musim Liburan

Wajib Tahu, 5 Penyebab Gampang Sakit Saat Musim Liburan

pintasberita – Liburan akhir tahun Anda menyenangkan? Semoga iya. Namun jangan lupa untuk menjaga kesehatan karena banyak orang yang jatuh sakit saat atau sesudah liburan.

Ada beberapa hal yang membuat imunitas tubuh Anda jadi berkurang saat liburan panjang seperti saat ini. Mulai dari rutinitas hingga aktivitas berubah, berikut lima penyebab seseorang jatuh sakit saat liburan seperti dilansir laman Reader’s Digest, Jumat (27/12/2018).

1. Banyak konsumsi yang manis-manis

Saat liburan datang, pola makan biasa berubah. Makan jadi sesuka hati termasuk mengemil makanan manis seperti es krim dan kue.

Konsumsi makanan manis rupanya bukan hanya berdampak pada lingkar pinggang tapi juga sistem imun tubuh.

“Ada bukti, konsumsi gula mengurangi kemampuan tubuh melawan infeksi,” kata dokter keluarga asal Baltimore, Kathyrn Boling.

2. Dehidrasi

“Virus jadi lebih efektif mereplikasi ketika selaput lendir kering daripada lembap,” kata Boling.

Jadi, pastikan banyak minum air putih saat liburan ya agar tubuh cukup terhidrasi.

3. Jadwal tidur berubah

Saat tidak liburan, pasti jadwal tidur teratur karena esok akan beraktivitas di jam yang sama. Hal ini tentu tidak terjadi saat liburan karena bisa main hingga tengah malam karena besok pagi bebas bangun siang.

“Perubahan rutinitas tidur ini membuat orang jadi lebih rentan terkena sakit kepala,” kata Boling.

Selain itu, saat libur seseorang jadi kurang tidur karena banyak menghabiskan waktu untuk menonton film atau berjalan-jalan. Ketika kurang tidur dari tujuh jam, imunitas tubuh pun ikut menurun. Tak heran bila Anda jadi gampang sakit.

4. Kebanyakan di dalam rumah

Ada orang yang saat liburan memilih menghabiskan waktu bermalas-malasan di dalam rumah. Entah itu menonton film, membaca buku, dan malas berolahraga.

“Ketika Anda jarang terpapar sinar matahari, membuat tidur jadi lebih banyak dan kurang berolahraga. Ini membuat kekebalan tubuh melemah,” kata dokter keluarga dari Cleveland Clinic, Neha Vyas.

5. Banyak belanja

Liburan ke tempat baru membuat seseorang jadi menjajal aneka toko dan membeli ini itu. Studi di Inggris menyebutkan penggunaan ATM yang terlalu sering bisa menyebabkan diare.

Berbelanja menggunakan uang juga membuat seseorang jadi lebih berinteraksi dengan bakteri. Peneliti dari New York University mengidentifikasi ada 3 ribu jenis bakteri yang beberapa diantaranya membuat sakit.

Baca Juga : Awas Sariawan Sering Muncul Saat Stress

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *