Di Kamboja ada Restaurant Sumatra Pelepas Rindu Masyarakat Indo di Kamboja

Di Kamboja ada Restaurant Sumatra Pelepas Rindu Masyarakat Indo di Kamboja

pintasberita – Salah satunya rintangan waktu meliput moment di luar negeri ialah masalah makanan, tidak kecuali di Piala AFF U-22 2019. Mujur di Kamboja, persisnya di Phnom Penh ada ‘Restoran Sumatra’ yang menyediakan masakan ciri khas tanah air.

Kesan-kesan pertama bila lihat namanya yaitu ‘Restoran Sumatra’ harapan yang diinginkan tentunya tempat ini menyediakan masakan-masakan dari Pulau Sumatra. Sebenarnya, tidak sebatas masakan Sumatra, restoran yang terdapat di 67, Street 123 Sangkat Toul Tum Poung, Phnom Penh, itu menyediakan beberapa masakan dari semua nusantara.

Restoran Sumatra berdiri semenjak 2009 saat sang pemilik, Markus, lihat kesempatan usaha di Kamboja. Pria asal Yogyakarta itu lalu akan memutuskan untuk berhenti dari tempat kerjanya menjadi koki di salah satunya hotel bintang 5 di Jakarta.

Markus membulatkan tekad untuk buka restoran di Phnom Penh, Kamboja, dengan modal dua meja saja. Makin lama, usaha yang dirintisnya dapat berkembang serta selama ini telah 2x geser ke tempat yang semakin besar sampai pada akhirnya tinggal di tempat saat ini.

“Pada 2008, saya miliki peluang berjalan-jalan ke Kamboja lalu saya lihat terdapatnya kesempatan untuk mengawali usaha makanan Indonesia. Saya lihat cuma ada orang asing serta saya meyakini mereka senang makanan Indonesia. Saya mulai pada akhirnya Restoran Sumatra pada 2009,” kata Markus.

Penentuan nama Restoran Sumatra nyatanya miliki filosofis. Menurut Markus, nama itu diambil sebab merujuk pada lagu yang populer di Kamboja yaitu Leahaey Sumatra.

“Ada seseorang lelaki Kamboja yang pergi ke Indonesia serta jatuh hati sama wanita Sumatra. Namun, tidak jadi menikah. Lantas ia kembali pada Kamboja serta membuat satu lagu yang judulnya Leahaey Sumatra yang bermakna Selamat Tinggal Sumatra. Jadi, nama Sumatra itu telah familiar di telinga penduduk Kamboja,” tutur Markus.

Restoran Sumatra sendiri mempunyai menu favorite yang sering dipesan beberapa pengunjung. Menurut Markus, menu favoritnya ialah terong balado.

“Ada sate, rendang, serta terong balado. Itu adalah makanan yang cukuplah favorite di restoran kami,” tutur Markus.

Dengan cost sekali makan tidak sampai 7 dollar AS, Anda yang tengah ada di Kamboja sekejap akan terobati dengan masakan nusantara. Ditambah lagi tempat restoran ini yang tidak jauh dari pusat kota Phnom Penh, Kamboja serta sering memberi potongan harga sebesar 30 % untuk Masyarakat Negara Indonesia.

Sempat Dicicipi Petinggi Negara Sampai Jusuf Kalla

Menjadi salah satunya tempat yang menyediakan masakan nusantara, seringkali Restoran Sumatra terima tamu-tamu terpenting. Markus berkata, telah 4x perubahan Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, tetap singgah ke restorannya.

Tidak hanya menyiapkan makan dalam tempat, Markus menyebutkan Restoran Sumatra pun seringkali terima pesanan katering. Salah satunya yang sangat terkesan buat Markus ialah saat diakui untuk memasak makanan untuk Wakil Presiden Jusuf Kalla pada awal Januari 2019.

“Pasti Bapak Duta Besar telah bertukar sampai 4x serta tetap singgah kesini. Begitupun saat ada moment di KBRi itu pun mereka pesan dari kami,” kata Markus.

“Selain itu, kami sempat melayani Bapak Jusuf Kalla yaitu pesanan untuk pesawat pribadinya. Lalu Ibu Megawati serta ada banyak anggota DPR yang sempat kesini pun,” kenang Markus.

Baca Juga : 2 Orang Vietnam Memotong Rambut Seperti Trump dan Jong-un

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *