Anies Baswedan Ingin Jadikan Ciliwung Seperti Sungai Bersih di Korea

Anies Baswedan Ingin Jadikan Ciliwung Seperti Sungai Bersih di Korea

pintasberita – Lizs Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap wujudkan kemauan Presiden Jokowi jadikan Sungai Ciliwung serupa Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Anies akan selekasnya membereskan permasalahan lingkungan di Sungai Ciliwung.

“(Sungai Ciliwung) Kita mesti bereskan,” kata Anies .

Anies menyampaikan, saat tiga tahun paling akhir sungai di Jakarta alami pencemaran berat seputar 61 %.

“Sungai yang tercemar mudah dari 23 % turun jadi 12 %. Sungai yang tercemar tengah turun dari 44 % tahun 2014 jadi 17 % di tahun 2017. Menjadi yang tercemar tengah serta tercemar mudah itu turun, tercemar berat dari 32 % jadi 61 %. Menjadi yang tengah serta mudah itu jadi berat, bukan turun lantas hilang,” jelas Anies.

Dia menyampaikan, sekarang ini Pemprov DKI tengah membuat serta mempersiapkan jalan keluar menangani persoalan Sungai Ciliwung. Anies ingin membuat sungai tidak cuma tampak indah, tetapi juga kurangi pencemaran sungai di Jakarta.

“Menjadi PR-nya itu, karenanya yang akan kita kerjakan, ialah bangun sungai hingga jadi ekosistem yang alamiah lagi. Jika alamiah lagi, dia juga dapat dihidupi satwa-satwa, itu ialah tanda-tanda sangat simpel. Jika satwa dapat ada di sungai berarti sungai itu sehat, bersih. Nah itu yang dikatakan sebagai sungai yang alamiah, sungai-sungai alami. Kita akan dorong kesana,” papar Anies Baswedan.

Mimpi Jokowi

Presiden Jokowi telusuri Sungai Cheongyechoen di sela-sela kunjungannya di Seoul, Korea Selatan, Selasa 11 September 2018.

Jokowi demikian berkesan lihat Sungai Cheongyecheon yang begitu bersih. Ia juga punya mimpi supaya Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta, dapat sebersih Cheongyecheon.

“Ini satu sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, satu ide bagus. Jika di Jakarta ada Ciliwung menjadi bersih semacam ini, wooo…serta itu dapat,” kata Jokowi selesai telusuri Sungai Cheongyecheon.

Menurut Jokowi, pada 2003, keadaan Sungai Cheongyechong hampir sama juga dengan Ciliwung.

“Tapi ditangani kurun waktu dua tahun tiga bulan, sungainya menjadi begitu bersih lagi. Seperti jaman jaman dulu,” tutur Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *